Wisata Sengkaling Malang: Taman Rekreasi dan Food Festival

Wisata Sengkaling Malang, dalam hal ini Taman Rekreasi Sengkaling (dulu belum ada Sengkaling Food Festival) dapat dikatakan sebagai salah satu objek wisata di Malang yang sudah terkenal sejak dulu. Taman Rekreasi Sengkaling Malang terletak di kecamatan Dau, Kabupaten Malang, tepatnya di jalan raya Mulyoagung No. 188. Objek wisata ini banyak memiliki wahana yang berkaitan dengan air, dan konon katanya air yang ada di dalam objek wisata ini merupakan air alami yang berasal dari Kolam Tirta Alam, yang banyak diyakini oleh orang sebagai obat awet muda. Dengan luas total kurang lebih 8,5 hektar dan sekitar 70% diantaranya berupa taman maupun pepohonan, membuat nuansa alami khas pegunungan dapat sangat terasa saat pengunjung datang bermain-main bersama keluarga di Taman Rekreasi Sengkaling ini.

Blog www.nnoart.com pada pertengahan bulan Maret ini mengulas secara khusus mengenai objek wisata yang terletak diantara kota Malang dan kota Batu tersebut, mulai dari sejarah singkat, lokasi, tarif atau harga tiket, fasilitas-fasilitas yang tersedia (seperti berbagai macam wahana air maupun permainan, taman satwa, outbound, Sengkaling Food Festival dsb), pengalaman dari penulis serta berbagai koleksi foto di wisata Sengkaling Malang oleh nnoart.

Sejarah Singkat Taman Rekreasi Sengkaling

Taman Rekreasi Sengkaling didirikan oleh seorang Belanda bernama Mr. Coolman pada tahun 1950. Pada tahun 1975, objek wisata populer di Malang ini dikelola oleh PT. Taman Bentoel (anak perusahaan Bentoel Group) dan hanya dikhususkan penggunaannya kepada karyawan perusahaan tersebut saja. Oleh karena popularitas tempat wisata ini semakin meningkat dan membuat banyak warga ingin menikmati wisata Sengkaling ini sehingga pada akhirnya tempat wisata populer di Malang ini dibuka untuk umum. Taman Rekreasi Sengkaling sudah beberapa kali mengalami perubahan, dan pada saat ini sudah terdapat Sengkaling Food Festival tepat di depan taman rekreasinya.

Lokasi dan Rute Menuju Taman Rekreasi Sengkaling

Taman Rekreasi Sengkaling seperti yang telah tertulis diatas, terletak di kecamatan Dau, di jalur utama antara kota Malang dan kota Batu. Jika dari arah kota Malang, maka hanya perlu melakukan perjalanan sejauh 10 km ke arah kota Batu, Taman Rekreasi Sengkaling Malang akan berada di sebelah kanan jalan sekitar 1 km sebelum gapura masuk kota Batu. Dari arah kota Batu, bisa melakukan perjalanan ke kota Malang mengikuti jalan utama, setelah melewati gapura perbatasan kota Batu dan kabupaten Malang, maka sekitar 1 km setelah itu Taman Rekreasi Sengkaling akan terlihat di sebelah kiri jalan. Jika dari Surabaya, belok kanan di pertigaan karanglo menuju ke Batu, setelah itu barulah mengikuti rute ke Malang menuju Taman Rekreasi Sengkaling. Tulisan besar Sengkaling Food Festival bisa dilihat di tepian jalan utama, masuklah dan parkir kendaraan di dalam, pintu masuk utama Taman Rekreasi Sengkaling berada di dalam. Tapi jika hanya ingin berkeliling di Sengkaling Food Festival, tidak perlu melewati pintu masuk utama Taman Rekreasi Sengkaling.

Jam Buka TRS dan SFF

Taman Rekreasi Sengkaling (TRS) di buka mulai dari pukul 06:00 – 17:00 WIB, sedangkan untuk Sengkaling Food Festival (SFF) dibuka mulai pukul 12:00 – 23:00 WIB pada hari Sabtu dan Minggu, dan mulai pukul 16:00 – 23:00 pada hari biasa.

Harga Tiket Masuk Taman Rekreasi Sengkaling Malang Maret 2016

Tiket masuk Taman Rekreasi Sengkaling Malang tahun 2016 (info bulan Maret) dibedakan menjadi 3, yaitu tiket biasa, tiket rombongan serta tiket terusan (paket hemat Kano). Berikut ini adalah harga tiket tersebut beserta dengan fasilitas yang dapat dinikmati:

Tiket biasa: Rp. 25.000,00/orang
  • Dengan tiket ini, pengunjung dapat masuk melalui pintu utama Taman Rekreasi Sengkaling serta berenang di semua kolam yang ada, kecuali di kolam Pesona Primitif.
Tiket rombongan: Rp. 22.000,00/orang (rombongan minimal 30 orang)
  • Fasilitas yang dapat dinikmati sama dengan tiket biasa diatas. Khusus untuk koordinator rombongan, akan mendapatkan potongan harga serta souvenir menarik (syarat & ketentuan berlaku).
Tiket terusan (paket hemat Kano): Rp. 50.000/orang
  • Dengan tiket paket hemat Kano, pengunjung dapat masuk melalui pintu utama Taman Rekreasi Sengkaling serta menikmati 6 wahana diantaranya Perahu Naga, kolam Pesona Primitif, Bumper Boat, Kiddy Train, Joyland Game Zone dan Theater 4 Dimensi.

Wahana Air dan Permainan di Taman Rekreasi

Wahana di Taman Rekreasi Sengkaling terdiri dari wahana air, wahana permainan serta taman satwa. Pengunjung dapat menikmati semuanya setelah melewati pintu masuk Taman Rekreasi Sengkaling, objek wisata yang memiliki slogan “wisata air impian keluarga” ini. Berikut wahana di dalamnya:

Kolam Kapal Misteri
Merupakan kolam bermain bagi anak-anak yang berada di atas sebuah bangunan menyerupai kapal yang bertuliskan Kapal Misteri – Bajak Laut. Untuk dapat menikmati kolam di kapal ini perlu membayar dengan tarif Rp. 8.000,00/orang. 

Kolam Pesona Primitif

Kolam Pesona Primitif merupakan kolam renang bagi anak-anak yang juga banyak terdapat permainan airnya, seperti kolam bubble, papan luncur, senapan air, plaza air mancur serta pool bar. Wahana air ini memiliki kapasitas hingga 200 orang, dan juga dapat disewa untuk mengadakan acara ulang tahun dengan jumlah undangan yang banyak. Tiket terusan dapat digunakan untuk masuk ke kolam Pesona Primitif, namun jika anda masuk ke Taman Rekreasi Sengkaling dengan tiket biasa, tambahan Rp. 13.000/orang untuk masuk kesiini.  

Kolam Pesona Tirta Alam
Kolam Pesona Tirta Alam merupakan kolam dari air alami, yang terdiri dari kolam untuk orang dewasa dengan kedalaman mencapai 2 meter serta kolam untuk anak-anak. Dengan tiket biasa, pengunjung sudah dapat berenang di kolam Pesona Tirta Alam ini sepuas mungkin hingga kolam ditutup.

Kolam Pesona Tirta Sari
Kolam Pesona Tirta Sari juga airnya merupakan air alami dan juga tersedia pool bar. Kolam ini juga dapat digunakan dengan tiket biasa. Di kolam Pesona Tirta Sari ini, anak-anak dapat memanfaatkan fasilitas Bumper Boat untuk bermain-main air dengan mengapung menggunakan ban dalam.

Kolam Gurita
Seperti kolam mandi lainnya di Taman Rekreasi Sengkaling, namun dengan ikon sebuah gurita berwarna hitam di tengah kolam. 

Kapal Misteri
Berupa sebuah bangunan yang menyerupai kapal di tengah-tengah telaga buatan, dengan tulisan Kapal Misteri – Bajak Laut. Bangunan berwarna putih-jingga ini bisa dikatakan sebagai salah satu objek menarik yang sering dijadikan latar foto selfie bagi para pengunjung di Taman Rekreasi Sengkaling. Lokasinya yang berada di tengah telaga buatan membuat pengunjung seakan-akan berada di kapal sungguhan yang sedang berlayar. Dengan membayar Rp. 8.000,00/orang, pengunjung sudah dapat masuk menikmati setiap bagian di Kapal Misteri – Bajak Laut ini termasuk bersenang-senang di kolam yang berada di atas kapal ini. 

Theater 4 Dimensi
Nonton bioskop 4 dimensi yang lebih menyenangkan dibandingkan bioskop biasa bisa juga dilakukan di dalam Taman Rekreasi Sengkaling. Film yang biasanya ditayangkan dalam bioskop ini cocok diantaranya berupa petualangan-petualangan di luar angkasa. Film genre ini akan membawa penonton menikmati pengalaman yang menakjubkan dan mendebarkan, dengan banyaknya tabrakan meteor yang terjadi. Selain luar angkasa, petualangan bawah laut (Aqua Adventure) juga menarik untuk dinikmati. Efek angin serta gelembung hadir saat penonton menikmati pemandangan bawah laut yang indah. 

Boom-Boom Car
Permainan tabrak-tabrakan mobil, dengan ukuran kecil khusus untuk anak. Ini adalah salah satu wahana permainan yang akan lebih seru jika dimainkan oleh minimal 2 orang, agar memiliki lawan untuk menabrak-nabrakan mobil boom-boomnya. 

Joyland Game Zone
Permainan ala Game Zone ada disini, mulai dari balapan mobil, balapan motor, lempar bola basket dsb bisa pengunjung nikmati disini. Game Zone mungkin bukanlah sesuatu yang ngetren lagi saat ini, oleh karena anak-anak saat ini sudah lebih mudah untuk bermain game, namun adanya Joyland Game Zone di Taman Rekreasi Sengkaling mungkin menjadi salah satu nilai plus dari objek wisata ini dibandingkan yang objek wisata lainnya di kota Malang maupun kota Batu.

Kiddy Train
Kiddy Train berupa sebuah permainan kereta yang melintasi lintasan yang pendek, cocok untuk anak. Dengan membayar tarif Rp. 8.000,00, sudah dapat menikmati permainan ini.

Kiddy Ride
Mirip Kiddy Train, namun ini berupa permainan mengendari mobil-mobilan atau menunggang hewan (seperti angsa, harimau, donald bebek dsb) yang hanya bergerak di tempat. Permainan yang cocok untuk anak, dengan tarif Rp. 3.000,00/anak. 

Merry Go Round
Sejenis carousel (komidi putar), sebuah atraksi menunggang kuda-kudaan yang berputar sambil diiringi oleh musik. 

Playground
Berbagai macam permainan untuk anak-anak tersedia di Playground ini, tempat terbaik untuk istirahat sejenak sambil melepas anak bermain di arena Playground. 

Sepeda Air
Sepeda air yang menyerupai bebek ini dapat dinaiki hingga 4 orang, dengan tarif Rp. 25.000/sepeda (juga berlaku tiket terusan). Berkeliling di kolam kapal misteri bajak laut dengan sepeda air bersama keluarga atau teman-teman adalah salah satu aktivitas favorit para pengunjung. 

Perahu Motor
Naik perahu motor yang dapat menampung lebih banyak orang dibandingkan sepeda air, dengan tarif Rp. 10.000,00/orang (juga berlaku tiket terusan). Pengunjung akan diajak berkeliling di telaga buatan sekitar kapal misteri Bajak Laut. 

Bumper Boat
Mengapung diatas perahu yang terbuat dari ban dalam di dalam kolam, salah satu permainan yang menarik untuk anak anda. 

Kuda Ria
Dengan membayar tarif Rp. 10.000,00 pengunjung sudah dapat berkeliling  dengan kuda yang disediakan oleh pengelola, tentunya ada penjaga yang memegang kuda tersebut. 

Goa Salju
Saya sendiri sama sekali tidak mengetahui ada apa di dalam Goa Salju ini, karena waktu itu Goa Salju luput dari pengamatan saya. Tapi dilihat dari namanya mungkin bisa ditebak seperti apa wahana permainan di tempat ini. 

Taman Satwa
Berbagai jenis hewan yang unik ada di taman satwa ini, mulai dari burung kakaktua, jalak, beo, nuri dan berbagai jenis burung unik lainnya. Selain itu juga ada rusa dan keledai di taman satwa. Area ini cocok bagi pengunjung yang ingin mengajari anak-anaknya tentang dunia satwa.

Fasilitas di Objek Wisata Sengkaling

Sengkaling Convention Hall
Sengkaling Convention Hall dapat menampung hingga 300 hingga 500 orang, dan dapat mencapai 1000 orang jika mengadakan pesta taman (garden party) sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam acara seperti rapat, acara pernikahan, wisuda, pesta ulang tahun, seminar dan sebagainya. Ruangan di Sengkaling Convention Hall ber-AC, selain itu lokasinya juga sangat menarik dengan menawarkan pemandangan yang indah, tempat parkir yang disediakan juga cukup luas dan sangat aman.

Palm Resto
Merupakan restoran yang luas dengan berbagai macam stand makanan dan tentunya menu makanan dan minuman yang sangat bervariasi dengan harga yang terjangkau. Pada hari-hari besar Nasional atau hari Minggu, ada live music yang diselenggarakan di Palm Resto ini.

Terdapat 5 stand di Palm Resto Sengkaling, diantaranya stand Rossi, stand Palm Resto, stand Mulya, stand Rohmah dan stand Barokah. Sedangkan bagi rombongan pengunjung Taman Rekreasi Sengkaling, tersedia menu nasi kotak atau menu pilihan tersendiri untuk santap bersama sesama rombongan. Menu makanan dan minuman masing-masing stand beserta dengan harganya dapat dilihat dengan klik foto di atas.

Halaman Parkir

Halaman parkir di Taman Rekreasi Sengkaling tergolong sangat luas dan berada di bawah pepohonan yang rindang. Oleh sebab itu pengunjung akan merasa nyaman saat memarkirkan kendaraannya hingga berjalan menuju ke pintu masuk taman wisata Sengkaling ini. Tarif parkir yang diberlakukan di halaman parkir Taman Rekreasi Sengkaling maupun Sengkaling Food Festival adalah Rp. 2000/sepeda motor dan Rp. 5000/mobil. Sedangkan untuk bis rombongan ada tarif parkir khususnya.

Bougenville Room

Bougenville Room merupakan sebuah hall indoor dengan kapasitas 700 hingga 1000 orang. Bangunan Bougenville Room terletak tepat di sebelah pintu masuk utama Taman Rekreasi Sengkaling, dari luar terlihat seperti sebuah kapal dengan kombinasi warna jingga, kuning dan biru. Bougenville Room di Sengkaling dapat digunakan untuk berbagai acara seperti seminar, rapat, acara perpisahan, acara wisuda maupun sarasehan.

Outbound Ground

Di Taman Rekreasi Sengkaling juga tersedia area untuk outbound, salah satu jenis latihan/belajar individu atau kelompok yang sifatnya outdoor (luar ruangan) yang berguna untuk membentuk kerjasama tim maupun pengembangan diri dengan berbagai macam permainan-permainan yang bersifat mendidik. Kegiatan outboundbiasanya dimanfaatkan untuk meningkatkan kreativitas, melatih kerjasama tim, membentuk jiwa kepemimpinan, menumbuhkan rasa kebersamaan, bertanggung jawa serta rasa saling percaya.

Paket outbound yang tersedia di Taman Rekreasi Sengkaling diantaranya sudah termasuk tiket pintu utama Taman Rekreasi Sengkaling, nasi kotak untuk makan siang, instruktur, 5 game standar seperti v-bridge, flying fox, water fall, halang rintang dan tangkap ikan. Para trainer outbound profesional berpengalaman akan melatih para peserta outbound. Untuk booking/reservasi melakukan kegiatanoutbound di Taman Rekreasi Sengkaling ini setidaknya peserta outbound adalah sejumlah minimal 30 orang.

Fitness Center & Senam Aerobik
Tempat fitness center & senam aerobik di Taman Rekreasi Sengkaling dibuka mulai dari pukul 09:00 hingga 17:00. Kegiatan fitness dan senam aerobik dilatih oleh instruktur yang berpengalaman. Fasilitas lain yang diperoleh adalah mandi sauna tiap sore, parkir gratis serta loker gratis.

Giant Fountain

Di gerbang masuk Taman Rekreasi Sengkaling atau Sengkaling Food Festival, anda dapat melihat Giant Fountain, sebuah tirai air besar yang dapat berputar hingga 360 derajat. Giant Fountain terlihat sangat indah pada malam hari oleh karena disorot oleh cahaya warna-warni, membuat Giant Fountain sering dijadikan sebagai latar foto selfie atau wefie para pengunjung wisata Sengkaling.

Elephant Statue Area
Sebuah area di Taman Rekreasi Sengkaling dimana terdapat patung gajah, patung kuda, tempat duduk serta beberapa ayunan untuk anak-anak. Ini adalah suatu area yang sering dijadikan sebagai tempat nongkrong yang nyaman dan sejuk.

Water Fall

Air terjun dinding ini terletak di dekat pintu masuk dan pintu keluar, berupa sebuah tembok berwarna biru tua dengan pancuran yang memancurkan air. Ini juga merupakan salah satu objek favorit para pengunjung untuk berfoto selfie di depannya. Pada malam hari, tempat ini menjadi Romantic Area, tempat makan dengan suasana yang romantis untuk anda bersama orang-orang yang anda sayangi.

Jembatan Gantung

Sebuah jembatan yang menggantung di atas aliran sungai Brantas yang mengalir deras di tengah-tengah Taman Rekreasi Sengkaling. Jembatan ini bercat warna-warni sehingga terlihat keren. Jembatan ini jadi salah satu ciri khas dari Taman Rekreasi Sengkaling.

Toko Souvenir

Selain di luar (Sengkaling Food Festival), didalam Taman Rekreasi Sengkaling juga terdapat sebuah toko souvenir yang berada tepat di sebelah kolam Tirta Alam dan kolam Tirta Sari. Berbagai souvenir dijual di sini.

Events

Even-even yang pernah diadakan di Taman Rekreasi Sengkaling 1 tahun terakhir diantaranya adalah Semarak Imlek 2015, Liburan Sekolah Ceria Mei, Mancing plus Rekreasi, Semarak Lebaran 2015, HUT 43 Taman Rekreasi Sengkaling (7 November 2015) dan Pesta Tahun Baru 2016. Pada even-even yang diadakan tersebut, pengunjung dapat menikmati berbagai macam pertunjukan maupun hiburan yang tidak jarang ditemukan saat hari-hari biasa di objek wisata ini. Beberapa diantaranya seperti live music dengan artis-artis yang terkenal, pesta kembang api, music DJ, akustik, dancer, pameran batu cincin & permata, game, doorprize serta diskon untuk tiket masuk, makanan, souvenir dan sebagainya.

Sengkaling Food Festival (SFF)

Sengkaling Food Festival (SFF) saat ini menjadi salah satu daya tarik yang baru dari objek wisata Sengkaling Malang. Wisata kuliner dapat dilakukan di Sengkaling Food Festival yang dibuka dari pukul 12 siang hingga pukul 11 malam ini. Berbagai jenis makanan baik itu makanan lokal, Oriental Food hingga Japanese Food ada disini. Selain itu ada beberapa tempat yang menjual oleh-oleh serta souvenir khas Malang maupun Batu. Di Sengkaling Food Festival juga terdapat pameran batu akik (Sengkaling Gemstone).

Sengkaling Food Festival dapat dikatakan sebagai pusat kuliner terbesar Jawa Timur yang menyediakan ratusan tenant dengan berbagai macam pilihan menu berkualitas dan harga terjangkau untuk semua kalangan baik itu pelajar, mahasiswa maupun keluarga. Motto dari Sengkaling Food Festival adalah:

“Silahkan berekreasi di Malang atau Batu,
makan malamnya tetap harus di Sengkaling Food Festival”

Pengalaman Berkunjung ke Objek Wisata Sengkaling Malang

Sudah 7,5 tahun saya berada di kota Malang dan sudah sangat sering mondar-mandir kota Malang – Batu dan tentunya melihat ada wisata Sengkaling dalam perjalanan tersebut, namun baru sekali ini saya masuk mengunjungi tempat wisata ini. Mungkin karena konsep dari objek wisata ini yang lebih mengutamakan kepada keluarga dan anak, itulah sebabnya saya sama sekali tidak pernah merencanakan untuk datang mengunjungi objek wisata ini sebelumnya.

Pernah sekali berkeliling di Sengkaling Food Festival, itupun hanya untuk mencari souvenir khas Malang-Batu untuk dikirim ke keluarga. Kesempatan pertama untuk masuk ke Taman Rekreasi Sengkaling baru terjadi saat ada teman saya, sebut saja namanya Arie, membutuhkan tenaga survey untuk keperluan skripsinya (akhirnya wisuda juga Rie :D) dimana ada 3 tempat wisata yang dijadikan objek penelitian yaitu Jatim Park 1, Jatim Park 2 dan Taman Rekreasi Sengkaling (belakangan Taman Rekreasi Sengkaling tidak diikutsertakan sebagai objek penelitiannya, walaupun sudah terlanjur survey :D). Jadi pengalaman ini sebenarnya tidak termasuk pengalaman berwisata yah, tapi pengalaman survey sambil berwisata

Leave a Reply