Budidaya Perairan ( Perikanan) UMM

Perkembangan Budidaya Perairan UMM

Program Studi Perikanan merupakan salah satu jurusan yang dimiliki oleh Fakultas pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang.  Jurusan ini mulai dibuka pada tahun 1995 dengan status terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 160/DIKN/Kep/1995. Saat ini, jurusan Perikanan memiliki 1 program studi yaitu Program Studi Budidaya Perairan. Dalam perjalanannya, jurusan Perikanan terus mengalami perkembangan pesat dan pada tahun 2000 jurusan Perikanan FPP – UMM telah memperoleh status terakreditasi dengan nilai baik (B), begitu pula pada tahun 2006 juga “terakreditasi” dengan nilai baik (B). Sedangkan pada tahun 2011-2016 telah terakreditasi sangat baik (A).

PROGRAM PENDIDIKAN JURUSAN PERIKANAN
Sasaran pendidikan yang ingin dicapai dari Jurusan Perikanan adalah:
Pengembangan budidaya perairan baik tawar, payau dan laut yang
ramah lingkungan dan berkelanjutan serta pengelolaan kawasan pesisir
yang terintegrasi dan berwawasan lingkungan .
Bidang keilmuan yang diselenggarakan 
Program Studi Perikanan meliputi :
  • Budidaya Perairan Tawar
  • Budidaya Perairan Bahari
  • Budidaya Pakan Alami
  • Genetika Ikan
  • Ilmu Tanah
  • Manajemen Produksi Pembenihan
  • Bioteknologi  Perikanan
  • Manajemen Pemberian Pakan Ikan
  • Aquaculture Engineering
  • Parasit dan Penyakit Ikan
  • Fisiologi Hewan Air

Keunggulan :
Keunggulan dari jurusan Budidaya Perairan ini antara lainnya termasuk jurusan yang telah terakreditas A. Fasilitas sangat menunjang bagi setiap mahasiswa. Tersedianya banyak beasiswa untuk mahasiswa yang kuliah pada jurusan Budidaya Perairan ini. Selain itu juga semakin luasnya peluang kerja bagi lulusan jurusan ini.

Alasan mengapa memilih Perikanan UMM 

Alasan kenapa aku dulu memilih untuk masuk ke jurusan Budidaya Perairan? Ya awalnya sih gak ada niat untuk kepingin masuk ke jurusan ini. Niat awal aku daftar ke UMM itu ingin bisa masuk ke jurusan Psikologi karena Psikolog UMM ini termasuk salah satu jurusan Psikolog yang telah terakreditas A. Sebenernya tidak wajib juga untuk memilih 2 pilihan jurusan waktu mendaftar, tapi kalau di fikir-fikir rugi juga menyianyiakan kesempatan ke 2-nya, ya akhirnya gak tau kenapa iseng-iseng milih jurusan Budidaya Perairan ini duntuk menjadi pilihan ke 2. Gak kepikir juga kalo waktu tes ternyata dibagi menjadi kelompok IPA dan IPS nah aku kira semua soal yang diujikan itu sama. Dan gak kepikiran juga kalau ternyata aku masuk dalam kelompok ujian Soshum, padahal aku ini kan dari anak Saintek. Kalau gitu caranya sih pilihan ke 2 tadi bakal aku tuluis jurusan Perbankan soalnya aku juga minat banget untuk bisa bekerja di Bank. Alhasil berharap bisa lolos pada pilihan pertama (Psikologi) eh malah lolos yang pilihan ke 2 (Budidaya Perairan). Mungkin ini sudah jalan Allah buat aku, jadi ya sebisanya buat aku untuk tetep mensyukuri atas apa yang telah Allah berikan buatku. Lagi pula Budidaya Perairan di UMM ini juga telah terakreditas A dan fasilitasnya juga sudah sangat memadai.

Sumber :

http://perikanan.umm.ac.id/home.php?c=0202080417&lang=id

Leave a Reply